Search

Awal Langkah Karir Brylian Aldama di Eropa

Kini ia bisa memulai mimpinya untuk merintis jalan berkarier di Eropa.

Momen yang menggembirakan bagi masa depan sepakbola Indonesia. Setelah Bagus Kahfi yang bergabung dengan FC Utrecht, kini Brylian Aldama, berangkat ke Kroasia pada Kamis (2/4) malam untuk bergabung dengan salah satu klub Divisi Utama Kroasia, HNK Rijeka.


Kini ia bisa memulai mimpinya untuk merintis jalan berkarier di Eropa. Dua musim mendapat tempaan di #GarudaSelect menjadi modal berharga bagi Brylian untuk meniti karier di Eropa. Tidak hanya sekedar mendapat tempaan fisik dan teknik, mental hingga pemahaman bermain jadi ilmu lainnya yang didapat Brylian bersama #GarudaSelect.


Brylian pernah mencatatkan hasil tes fisik tertinggi dibandingkan pemain lainnya dalam yo-yo test. Menurutnya, keberhasilan tersebut tidak terlepas dari kedisiplinannya menjaga pola makan dan istirahat untuk bisa tetap maksimal selama latihan.


Dari segi pemahaman bermain, Brylian diajarkan tentang bagaimana pentingnya menjaga kekompakan dengan komunikasi. Hal tersebut terlihat di di Program Garuda Select Series Season 2 Episode 9, ketika David Maulana, Brylian Aldama, dan Rafli Asrul mampu bermain dengan kompak menghadapi Cheltenham. Brylian dan Rafli juga berhasil mencetak masing-masing satu gol di pertandingan itu.


Atmosfer sepakbola Eropa sebetulnya bukan hal yang benar-benar baru bagi Brylian. Pada musim kedua di Januari 2020, dia sempat ikut latihan dengan tim senior Como. Dari sana, Bry, panggilan akrabnya, terinspirasi dari kesungguhan para pemain Como berlatih.


"Pemain Como berlatih 100 persen meski pemain inti atau bukan. Mereka sama sekali tidak malas-malasan dalam berlatih dan itu pelajaran yang bisa saya ambil," katanya. Brylian dijadwalkan akan tiba di Zagreb pada 2 April 2021 dan akan langsung melanjutkan perjalanan ke kota Rijeka. Dari sanalah mimpinya untuk meniti karir sepakbola Eropa akan dimulai


Sekilas tentang HNK Rijeka, klub ini tidak pernah turun kasta sejak pembentukan Prva liga pada 1992. Salah satu pemain top yang pernah bermain untuk tim adalah Andrej Kramaric yang saat ini bermain di klub Bundesliga, Hoffenheim. Penyerang Persija Jakarta, Marko Simic, juga mengawali karier profesionalnya bersama tim muda Rijeka pada 2001.