Search

Arjuna Bangga Dilatih Dua Pelatih Kelas Dunia di Garuda Select

Updated: Jul 1

Choki Sihotang

Siapa yang tak bangga bisa dilatih langsung oleh pelatih kenamaan dengan sederet prestasi? Itulah yang dirasakan pemain penuh bakat asal Papua, Arjuna Agung.


Arjuna merupakan salah satu dari 24 pemain muda yang mendapat kesempatan berguru sepak bola modern Eropa dalam balutan jersey kebangaan Garuda Select angkatan kedua.


Selama lebih kurang lima bulan, dari Oktober 2019 hingga Maret 2020, Arjuna dan kawan-kawan sedikitnya melakoni 21 pertandingan di Ingggris dan Italia. Seperti halnya Garuda Select angkatan pertama (Januari - Mei 2019), Arjuna cs. juga dibesut duet juru taktik asal Inggris, Dennis Wise dan Des Walker.


Wise, juga Walker, bukan nama asing di telinga penggemar sepak bola dunia. Wise, 53 tahun, pernah memperkuat Timnas Inggris, baik di level junior maupun senior. Wise juga mengabdi di sejumlah klub seperti Wimbledon, Leicester City, Millwall, serta Chelsea.


Hanya saja, Wise lebih dikenal sebagai legenda The Blues. Bersama klub yang bermarkas di Stamford Bridge itu, Wise mememangi banyak trofi. Di antaranya, Piala FA (1996/97, 1999/00), Piala Winners Eropa 1997/98, dan Piala Super Eropa 1998.


Sementara itu, Walker, 54 tahun, pernah berkostum Nottingham Forest, Sheffield Wednesday, serta peernah pula membela klub Italia, Sampdoria. Hal yang paling berkesan yang pernah dipahat Walker yakni tak kalah dia ikut mengantar Inggris ke semifinal Piala Dunia 1990.


Hanya saja, Tiga Singa harus puas finis di peringkat keempat. Meski begitu, kinerja Walker and kolega tetap diapresiasi tinggi karena itulah pencapaian terbaik Inggris setelah menjuari Piala Dunia 1966 di Wembley.


Bertabur pengalaman serta jam terbang, wajar kemudian mengapa Program Garuda Select dipercayakan kepada keduanya.


"Merupakan suatu kebangaan bisa dilatih mereka berdua. Apalagi inilah kali pertama saya mendapat kesempatan berlatih dan bertanding di luar negeri," kata Arjuna, pemain Persipura Jayapura U16 kepada SuperSoccer.


Menurut Arjuna, Wise maupun Walker sosok yang paham betul seluk-beluk sepak bola. Keduanya tak pernah luput memantau perkembangan dan kemajuan setiap pemain, baik saat berlatih terlebih ketika bertanding.


"Bagi saya pribadi, keduanya merupakan pelatih yang sangat luar biasa," kata pengagum Lionel Messi tersebut.


Menurut Arjuna, dirinya sama sekali tak menyangka bisa bergabung dengan Garuda Select dan selanjutnya mendapat kesempatan dibina dua pelatih bertangan dingin. "Apa yang saya dapatkan kemarin dari Garuda Select merupakan pengalaman terbaik," pungkas Arjuna.


Aksi dan perjuangan Arjuna di Garuda Select bisa disaksikan di serial Dream Chasers. Serial ini bisa disaksikan secara eksklusif hanya di Mola TV.


  • Instagram