Search

Alfriyanto Nico Siap Kerja Keras Demi Panggilan Timnas

Choki Sihotang



Pelatih Kepala Tim Nasional Indonesia, Shin Tae-yong, diagendakan kembali ke tanah air pada Juli mendatang. Saat ini, juru taktik berusia 50 tahun itu masih berada di negaranya, Korea Selatan.


Meski jauh di Negeri Ginseng, pelatih yang oleh media-media di Korea Selatan dijuluki Fox on the Ground tetap memantau perkembangan anak-anak asuhya, khususnya Indonesia U19 yang tengah menjalani pemusatan latihan (TC) secara virtual.


Kepastian kedatangan Tae-yong diinfokan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) beberapa waktu lalu, seiring dengan keputusan pemerintah menyudahi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta dan dimulainya New Normal.


Belum diketahui secarta pasti, tanggal berapa Tae-yong mendarat di Bandara Soekarno-Hatta. Yang pasti, kehadirannya sangat dinanti mengingat Indonesia U19 harus mematangkan persiapan jelang bergulirnya Piala AFC U19 di Uzbekistan pada medio hingga akhir Oktober mendatang.


Kehadiran Tae-yong sangat dinantikan semua pemain, termasuk Alfriyanto Nico. Nico merupakan jebolan Garuda Select angkatan kedua yang juga striker muda kepunyaan Persija Jakarta U16.


Sekembalinya dari Inggris dan Italia pada akhir Maret 2020, Nico berharap bisa mendapat kesempatan dalam TC Indonesia U19. Pengalaman di Eropa sejak Oktober 2019 membuat bomber yang mengoleksi 8 gol itu kian yakin bahwa dirinya bisa diandalkan di skuad Garuda Muda.


"Saya selalu merasa optimistis, termasuk untuk diberi kesempatan mengikuti TC," kata Nico kepada SuperSoccer, Senin (15/6).


Kendati sejauh ini belum ada tanda-tanda pemanggilan, pemuja Bambang Pamungkas ini tetap berlatih keras. Pandemi virus corona penyebab COVID-19 tak membuat ujung tombak asal Solo berpangku tangan.


Sikap optimistis terus dipegang, mengingat PSSI berjanji akan terus melakukan pemantauan terhadap talenta-talenta muda, termasuk jebolan Garuda Select. Dari 24 pemain Garuda Select angkatan kedua, baru satu yang dipanggil Tae-yong. Pemain tersebut adalah penjaga gawang andalan Persib Bandung U16, Erlangga Setyo.


"Kalau sudah rezeki, pasti tak akan ke mana. Bagi saya yang terpenting adalah tetap latihan menjalankan semua progam, baik dari tim pelatih Garuda Select maupun Persija," tutup Nico.


Aksi serta perjalanan Nico bersama Garuda Select bisa disaksikan di serial Dream Chasers musim kedua. Serial ini bisa disaksikan secara eksklusif hanya di Mola TV.

  • Instagram