Search

5 Pemain Cepat di Skuad Garuda Select

Updated: Mar 2

Tidak jarang kecepatan mereka menjadi sasaran tekel pemain lawan.

Salah satu strategi dalam menghadapi para pemain Eropa yang unggul dari segi postur adalah dengan memaksimalkan kecepatan. Postur tubuh mayoritas orang Indonesia yang terbilang lebih pendek dan ramping memungkinkan para pemain Garuda Select untuk melakukan akselerasi, baik ketika menyerang, mau pun bertahan.


Berdasarkan himpunan data GPS yang terpasang pada badan pemain di setiap pertandingan, muncul beberapa nama yang tercatat punya kecepatan tinggi di skuad Garuda Select. Hasilnya terbilang mencengangkan, tidak kalah dari kecepatan pemain-pemain di kompetisi top Eropa.


Pemain yang mencatatkan kecepatan tertinggi adalah Ferdiansyah. Pemain 16 tahun milik Persib Bandung U16 itu terpantau pernah melaju secepat 35,96 km per jam dalam salah satu sesi latihan. Sebagai perbandingan, berdasarkan rilisan Sportskeeda, ada tiga pemain cepat Eropa yang mencatatkan rataan kecepatan lebih rendah dibandingkan Ferdi yakni The Walcott (35,70km per jam), Leroy Sane (35,48km per jam), dan Jamie Vardy (35,44km per jam). Namun, para pemain ini mencatatkannya ketika sedang bertanding membela klub masing-masing.


Tercatat ada satu pemain yang mencatatkan kecepatan lebih tinggi daripada Ferdi saat bertanding, yakni penyerang Real Madrid, Gareth Bale, dengan 36.9 km per jam. Ferdiansyah sempat menyumbang satu gol ketika Garuda Select bertarung sengit melawan Internazionale U17 beberapa waktu lalu. Secarfa total, ia sudah bertanding dalam 11 laga sepanjang mengikuti pemusatan latihan sejak Oktober 2019.


Setelah Ferdiansyah, ada Bramdani yang mencatatkan kecepatan 35,20 km per jam saat latihan. Pemain mungil asal Jawa Timur tersebut memang kerap menjadi incaran tekel pemain lawan berkat kegesitannya. "Tekel pemain Eropa itu keras-keras. Tetapi itu sudah menjadi makanan sehari-hari ketika bertanding," kata Bram kepada Mola TV.


Tiga pemain lain yang masuk lima besar dari segi kecepatan adalah Ridyan Taufiq dengan 34,77 km per jam, Brylian Aldama 34,02 km per jam, dan Muhammad Ilham 34,05 km per jam.

  • Instagram