Garuda Select: Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Itu Garuda Select?

Garuda Select adalah program pelatihan sepak bola untuk mencari pemain berbakat Indonesia. Program pelatihan seperti Garuda Select memang bukan pertama kalinya bagi PSSI. Sebelumnya, PSSI pernah mengadakan pelatihan sejenis seperti Primavera di Italia dan SAD di Uruguay. Hanya saja untuk program Garuda Select memang lebih sistematis baik dari proses seleksi hingga proses pelatihannya. Indonesia memiliki bakat-bakat pemain muda yang unggul dengan kemampuan teknik yang tinggi di bidang sepak bola. Sehingga para pemain sepak bola Indonesia memiliki peluang yang besar untuk bisa memajukan timnas di kancah internasional. Sayangnya, pemain Indonesia masih memiliki kelemahan di bidang pemahaman taktik dan strategi. Alasan ini menjadi latar belakang program Garuda Select yang digembleng oleh dua legenda Inggris Dennis Wise dan Des Walker ini terbentuk. Tujuan program Garuda Select adalah memberi bekal kepada para pemain untuk mengembangkan diri mereka agar menjadi pemain sepak bola profesional. Ini agar mereka bisa mengejar ketertinggalan kemampuan dalam bermain. Bakat-bakat terbaik yang dimiliki Indonesia nantinya diharapkan agar bisa menjadi sebuah tim yang profesional baik di kancah nasional maupun internasional. Akan dipilih 24 pemain terbaik untuk dibimbing langsung di Eropa secara intensif oleh tim teknis Garuda Select. Mereka pun akan dilatih untuk mengejar ketertinggalan dari segi teknik, fisik, mental, dan taktik. Harapan Indonesia agar timnas bisa maju ke Piala Dunia semakin terbuka lebar melalui program pelatihan Garuda Select yang diadakan PSSI. Program ini merupakan program akselerasi pengembangan bakat terbaik di Indonesia dalam bidang sepak bola. Bagi kamu yang bercita-cita menjadi pemain sepak bola, yuk ikut saja program Garuda Select.

Apa Itu Program Garuda Select?

Program Garuda Select adalah salah satu gebrakan program dari PSSI di tahun 2019 yang membawa angin segar bagi siapa saja yang ingin berkarir di dunia sepak bola. Pelatihan profesional dengan standar Eropa ini akan didapatkan para pemain berusia U-17 yang terpilih. Program Garuda Select adalah program yang tidak jauh berbeda dengan program yang pernah dijalankan PSSI sebelumnya. Seperti proyek Primavera di Italia atau proyek SAD di Uruguay. Bedanya, program pelatihan dari PSSI ini dinilai lebih sistematis. Proses seleksi pemain Garuda Select dilakukan langsung oleh direktur Teknik Dennis Wise selaku direktur Teknik dan pelatih kepala Des Walker. Tidak hanya pemain yang berprestasi dan beruntung saja yang akan dikirim ke Inggris, akan tetapi sebanyak empat pelatih juga akan ikut dikirim. Tujuannya untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan melatih sepak bola mereka. Dengan adanya program pelatihan Garuda Select ini, diharapkan para pemain muda harapan bangsa ini bisa mendapatkan sisi positif dari kultur sepakbola di Eropa. Mengingat negara-negara di benua ini masih menjadi penghasil pemain-pemain paling berkualitas di seluruh dunia. Para pemain Garuda Select bisa belajar dengan melihat kedisiplinan orang-orang lintas negeri dan bagaimana membangun attitude yang baik. Tentu banyak yang berharap program Garuda Select ini akan membawa kemajuan dan peningkatan kualitas para pemain sepak bola di Indonesia.

Siapa Saja Pemain Garuda Select?

Program akselerasi pengembangan bakat sepak bola terbaik di Indonesia ini telah mengirim pemain-pemain berkualitas untuk belajar di Eropa. Sejauh ini, program Garuda Select telah dilaksanakan sebanyak 2 kali sehingga menghasilkan pemain Garuda Select generasi pertama dan generasi kedua. Dari daftar pemain Garuda Select dua generasi saat ini terlihat bahwa ada lima pemain generasi pertama yang tetap bermain di generasi kedua. Mereka adalah Bagas Kahfi, Fajar Fatur Rahman, Andre Oktaviansyah, Brylian Aldama, dan David Maulana. Kehadiran pemain Garuda Select yang unggul ini diharapkan dapat memberi harapan baru untuk Timnas Indonesia.

Siapa Saja Pelatih Garuda Select?

Di balik kesuksesan tim sepak bola di lapangan, tentu tidak terlepas dari peran orang-orang di belakang mereka khususnya pelatih. Pelatih memiliki peran vital untuk menyiapkan pemain selama proses pelatihan, menentukan posisi pemain, hingga strategi saat bermain. Tak terkecuali dalam program pelatihan dari PSSI ini, pelatih Garuda Select saat ini yaitu Dennis Wise (Direktur Teknis) dan Des Walker (Pelatih Kepala). PSSI tidak main-main dalam membuat gebrakan program pelatihan Garuda Select dengan mendatangkan tim yang berkualitas. Duet Wise dan Walker menjadi salah satu kunci terbentuknya pemain yang berkualitas di Garuda Select. Dennis Wise merupakan mantan kapten timnas Inggris dan klub kenamaan Chelsea sehingga pengalamannya di luar lapangan tidak diragukan lagi. Sebelumnya, Wise juga pernah menjabat sebagai Director of Football Newcastle United. Pemain yang juga manager klub Swindon Town dan Lise ini pernah berhasil membawa timnya lolos ke final Piala FA. Pengalamannya membuat Wise menjadi sangat jeli dalam mencari dan membentuk perkembangan bakat muda. Des Walker merupakan salah satu pilar pertahanan paling tangguh di Inggris dan telah tampil lebih dari 600 kali di kasta tertinggi Inggris. Setelah sukses menjadi pemain, Walker menjadi pelatih yang mengelola tim junior di akademi Derby County. Kemampuannya dalam mendidik pemahaman dan penerapan taktik yang baik menjadi salah satu modal utama untuk melatih pemain Garuda Select. Apalagi salah satu kelemahan utama para pemain muda Indonesia adalah masih tertinggal dalam pemahaman taktik. Program Garuda Select juga turut mengirimkan pelatih lokal, di antaranya Ilham Romadhona, Bima Sakti Tukiman, Sofyan Hadi, dan I Gede Mahatma Dharma. Kehadiran pelatih Garuda Select yang hebat dan berkualitas diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas pemain Timnas Indonesia.

Kapan Jadwal Pertandingan Garuda Select Berlangsung?

Pertandingan Garuda Select menjadi salah satu pertandingan yang paling ditunggu-tunggu para pecinta sepak bola. Pertandingan tersebut akan memperlihatkan bagaimana kemampuan para pemain Garuda Select yang terpilih dalam menghadapi klub dan timnas luar negeri. Untuk mengetahui jadwal pertandingan Garuda Select melawan klub-klub dan timnas dari luar negeri, kamu bisa mengeceknya melalui website resmi Program Garuda Select atau di Mola TV. Perlu diketahui bahwa sejak bulan Oktober 2019, pemain Garuda Select Indonesia telah mengikuti 17 pertandingan dengan hasil yang cukup memuaskan. Dalam pertandingan tersebut Indonesia berhasil memenangkan beberapa pertandingan. Kemenangan tersebut diperoleh dengan skor 3 – 2 melawan MK Dons, 4 – 0 melawan Burton Albion, 3 – 1 melawan Cheltenham Town, dan 0 – 3 melawan Torindo. Skor seri juga berhasil diraih saat melawan Northampton Town (2 – 2), Mansfield Town (1 – 1), dan Port Vale (2 -2). Apresiasi terbaik patut diberikan kepada para pencetak gol Muhammad Rafli Asrul dan Bagus Kahfi (9 gol), Alfriyanto Nico (7 gol), dan Arsa Ahmad (5 gol). Subhan Fajri, Brylian Aldama, David Maulana, dan Ardi Ardiana tak ketinggalan menyumbang 1 gol. Hasil tersebut tentu sangat membanggakan para pendukung timnas Indonesia. Kualitas para pemain Garuda Select yang semakin meningkat membawa harapan baru bagi timnas Indonesia untuk melaju ke Piala Dunia. Jangan lewatkan jadwal pertandingan Garuda Select setiap minggunya untuk melihat kelihaian para pemain muda hebat Indonesia.

Dimana Bisa Nonton Live Streaming Garuda Select?

Jika kamu tak mau ketinggalan dengan setiap pertandingan tim Garuda Select, jangan lewatkan untuk menontonnya melalui live streaming di Mola TV. Dengan menonton melalui live streaming Garuda Select, kamu tidak perlu khawatir jika tidak bisa menonton sesuai jadwal pertandingan yang telah ditentukan karena kamu bisa melihat tayangan ulangnya sesuai keinginanmu.

Siapa Saja Pelatih Garuda Select?

Kamu tetap dapat menikmati setiap pertandingan yang ada melalui link streaming mola.tv dan tvri.co.id. TVRI merupakan salah satu saluran televisi nasional Indonesia yang bisa kamu saksikan langsung di televisi. Selain itu, tersedia pula link streaming Garuda Select yang bisa dinikmati melalui media digital. Sedangkan Mola TV merupakan pemegang lisensi hak siar untuk tayangan liga utama Inggris dan pertandingan Garuda Select untuk wilayah Indonesia sejak Oktober 2018. Layanan multi platform IPTV, televisi kabel, dan video on-demand over-the-top ini bisa kamu gunakan untuk menyaksikan secara streaming pertandingan Garuda Select. Setiap pertandingan Garuda Select dengan lawan mainnya akan selalu disiarkan melalui link streaming tersebut. Jangan lewatkan setiap pertandingan pemain kebanggaan Indonesia dengan melihat jadwalnya terlebih dahulu melalui website resmi program Garuda Select. Perkembangan kualitas permainan pemain Garuda Select mengalami perkembangan yang semakin pesat dan hal tersebut dikonfirmasi oleh pelatihnya Des Walker. Untuk mendukung sepenuhnya program PSSI dalam rangka meningkatkan kualitas timnas Indonesia ini, kamu bisa melakukannya dengan menonton live streaming Garuda Select di setiap pertandingan.

  • Instagram